Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menemani Presiden Joko Widodo di acara panen raya di Kebumen, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. (Foto; Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA, Eranasional.com – PDIP secara resmi menunjuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto diyakini sebagai sosok yang paling tepat menjadi cawapresnya.

Menteri Pertahanan (Menhan) itu dianggap sangat kuat secara elektoral sehingga ideal mendampingi Ganjar Pranowo.

“Prabowo paling ideal mendampingi Ganjar kalau kita berbicara cawapres yang secara electoral. Dan memungkinkan pasangan ini sangat kuat,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, Minggu (23/4/2023).

Tak hanya secara elektoral Ganjar dan Prabowo kuat, keduanya juga menjadi simbol kalangan nasionalis dan secara kebetulan kita lihat dua-duanya ini “di-endorse” oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Oleh sebab itu, Yunarto menekankan pentingnya menurunkan ego dari masing-masing elit partai. Baik bagi petinggi PDIP yang mengusung Ganjar sebagai bakal capres, maupun Gerinda yang dipimpin Prabowo Subianto.

“Akan berbeda situasinya kalau dalam waktu lima bulan ke depan menjelang pendaftaran, ada salah satu di antaranya elektabilitasnya melampaui yang lain, saya pikir yang elektabilitasnya jauh di bawah mungkin akan berfikir realistis untuk menjadi pemenang,” katanya.

Presiden Jokowi sempat menyebutkan sejumlah nama yang menurutnya cocok jadi pendamping Ganjar di Pilpres mendatang. Salah satu tokoh potensial yang disebut Jokowi tersebut adalah Prabowo Subianto.

“Ada Pak Erick Thohir (Menteri BUMN), ada Pak Sandiaga Uno (Menparekraf), banyak kan. Ada Pak Mahfud MD (Menko Polhukam), Pak Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat). Siapa lagi, ada Cak Imin (Muhaimin Iskandar/Cak Imin), Pak Airlangga Hartarto (Ketua Umum Partai Golkar). Nah, termasuk Pak Prabowo. Nanti segera cawapresnya ketemu,” kata Jokowi usai salat Ied bersama Ganjar Pranowo di Masjid Syeikh Zayed, Kota Solo, Jateng, Sabtu (22/4).