Sandiaga Uno menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai pengurus sekaligus anggota Partai Gerindra kepada Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Minggu (23/4/2023). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, Eranasional.com – Sandiaga Uno resmi mengundurkan diri dari pengurus maupun keanggotaan Partai Gerindra. Dengan begitu, dia tidak lagi sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

Pengunduran diri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) ini telah menyampaikan permintaan khusus kepada Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto.

“Tadi juga saya sempet ngobrol tertutup sama Bang Dasco, saya sampaikan beberapa pemikiran sekaligus juga kalau ada kesalahan selama ini, mohon pamit. Mudah-mudahan tentunya di momen Lebaran ini mempererat silaturahim, berjuang bersama,” kata Sandiaga di rumah dinas Wakil Ketua DPR RI Fraksi Gerindra Dasco, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (23/4).

“Tadi sekalian izin pamit,” sambung Sandiaga Uno.

Pernyataan Sandiaga Uno itu langsung ditanggapi oleh Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Dia menyebut Sandiaga Uno akan menjalani tugas baru di tempat lain.

“Pak Sandi juga sudah menyampaikan beberapa hal terutama permintaan maaf kepada Ketua Umum Partai Gerindra (Prabowo Subianto),” ungkap Dasco.

Selain itu, Sandiaga Uno telah memberikan surat pengunduran dirinya sebagai kader Partai Gerindra kepada Dasco. Namun, Dasco mengaku belum membuka dan membaca surat Sandiaga itu.

“Sebuah surat, saya belum buka dan baca tapi isinya,” ujarnya.

Sandiaga Uno Gangung ke PPP

Sebelumnya, Sandiaga Uno disebut-sebut selepas dari Gerindra, akan bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Namum kepastiannya akan diumumkan pekan depan.

Sandi mengaku sudah memikirkan secara matang selama bulan suci Ramadan mengenai hal tersebut.

“Saya mohon waktu selama hari hari terakhir bulan suci Ramadan untuk berkontemplasi dan sudah di akhir. Mungkin dalam satu minggu ke depan akan memberikan pengumuman, mohon teman-teman sabar,” kata Sandiaga Uno, Jumat (21/4).

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PPP Amir Uskara turut membenarkan kabar kepindahan Sandiaga Uno ke partainya.

Katanya, kepindahan Sandiaga Uno itu tidak akan mempengaruhi komunikasi antara PPP dengan Partai Gerindra. Menurutnya, urusan kepindahannya ke PPP ini merupakan urusan personal dan bukan partai.

“Komunikasi saya dengan Partai Gerindra masih bagus. Artinya, persoalan Sandiaga Uno adalah persoalan personal. Pak Sandi sudah mau ke PPP, buat Gerindra ya enggak masalah,” kata Amir di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (13/4).