Egianus Kogoya pimpinan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. (Foto: Istimewa)

PAPUA, Eranasional.com – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Intan Jaya, Papua Pegunungan kembali berulah. Terbaru, KKB ini melakukan penyerangan kepada prajurit TNI-Polri dalam dua hari berturut-turut.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman mengatakan penyerangan pertama terjadi pada Minggu (23/4). Dengan senjata api laras panjang, mereka berupaya untuk menyerang Aparat TNI Yonif 305/Tkr.

“Gerombolan KST (Kelompok Separatis Teroris) menggunakan dua senjata api laras panjang berupaya menyerang Aparat TNI Yonif 305/Tkr saat berada di Kampung Sambili menuju Kampung Kusage, Kabupaten Intan Jaya,” kata Herman dalam keterangannya, Selasa (24/4/2023).

Saat itu prajurit berupaya melakukan tindakan tegas membuat KKB melarikan diri. Selain itu, sempat ada keributan antara kelompok bersenjata di Papua dengan warga.

“Terjadi keributan antara gerombolan KST dengan masyarakat kampung, karena masyarakat mengusir dan berusaha melawan gerombolan KST yang selama ini menjadikan masyarakat sebagai tameng dan sering mengancam masyarakat,” jelasnya.

Penyerangan kedua terjadi pada Senin (24/3) kemarin. Saat itu KKB menembaki personel Brimob yang berada di Kampung Bilogai, Kabupaten Intan Jaya. Akibatnya Prajurit Satgas Yonif 305/Tkr yang berada di sekitar wilayah Intan Jaya bersiaga mengantisipasi terjadi serangan lanjutan.

“Hal yang sama juga dilakukan oleh unsur Forkopimda di Intan Jaya yang menegaskan sepakat untuk melawan gerombolan KST yang selalu meresahkan yang membuat situasi tidak aman,” tuturnya.