AKBP Achiruddin Hasibuan naik moge (Foto : Instagram @achiruddinhasibuan)

JAKARTA, Eranasional.com – Baru-baru ini AKBP Achiruddin Hasibuan (AKBP AH), perwira Polda Sumatera Utara, ayah dari Aditya Hasibuan, menjadi sorotan setelah beredarnya video yang memperlihatkan motor gede miliknya viral di media sosial.

Aditya Hasibuan menjadi tersangka atas kasus penganiayaan yang dilakukan terhadap seorang mahasiswa bernama Ken Admiral.

Terkait dengan video tersebut, Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni, yang juga Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) meminta agar AKBP Achiruddin Hasibuan dicabut keanggotaannya apabila benar tergabung di HDCI Sumatera Utara.

“Kalo Bener anak HDCI @hdcimedansumut Maka saya sebagai Ketua Umum Meminta Kepada Ketua HDCI Sumut untuk mencabut kartu anggotanya,” ujar Sahroni dalam keterangan unggahan video di Instagram miliknya, dikutip Rabu (26/4/2023).

AKBP AH saat mengendarai moge sambil berdiri (Foto: Tangkap layar video)

Selain itu, AKBP AH dalam video juga terlihat melakukan aksi yang berbahaya karena berdiri di atas motor yang sedang melaju.

Oleh karenanya, Sahroni mengimbau kepada seluruh anggota dan rekan-rekannya yang tergabung dalam HDCI untuk berlaku ramah dan santun di jalanan.

“Menghimbau kepada semua temen-temen HDCI WAJIB Ramah Dan Santun di Jalan,” jelasnya.

Sementara itu Ketua HDCI Medan, Tengku Rinel sudah melakukan pengecekan terhadap nama AKBP Achiruddin. Hasilnya tidak ditemukan nama tersebut terdaftar sebagai anggota HDCI.

“AKBP A Hasibuan tidak pernah terdaftar sebagai anggota HDCI Sumut ataupun Medan,” kata Tengku Rinel, Rabu (26/4/2023).

Rinel menyebutkan hal itu berdasarkan data keanggotaan yang mereka. Ia menuturkan, jika setiap anggota HDCI harus melakukan registrasi setiap tahunnya.

“Hal ini dapat dilihat dalam data registrasi keanggotaan, setiap anggota wajib melakukan registrasi ulang setiap tahunnya,” sebutnya.

Di akhir, Rinel mengecam adanya orang yang bukan anggota HDCI menggunakan atribut HDCI. Sebab dalam foto dan video yang tersebar, AKBP Achiruddin sering memamerkan memakai Harley menggunakan atribut HDCI.

“Kami juga tidak membenarkan penggunaan atribut HDCI Sumut ataupun Medan oleh yang bukan anggota HDCI,” tutupnya.