Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang menikmati secangkir kopi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, Eranasional.com – Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana mengumpulkan para ketua umum partai politik bakal Koalisi Besar untuk bersilaturahmi. Namun, waktu dan tempat pertemuan masih dibahas.

“Selain Menteri Perdagangan (Mendag), saya kan juga Ketua Umum PAN. Nanti kita akan kumpul. Lagi dicari waktu yang tepat, bapak (Jokowi) akan mengundang para ketua umum partai untuk silaturahim,” kata Zulkifli Hasan di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (26/4/2023).

Sebelumnya, lanjut Zulkifli Hasan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan menggelar pertemuan pada Kamis (27/4). Pertemuan digelar di kediaman Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

“Kamis malam tanggal 27 kami akan ketemuan dengan Pak Airlangga dan Pak Mardiono (Plt Ketua Umum PPP),” ujarnya.

Setelah pertemuan KIB itu, para ketua umum parpol bertemu dengan Presiden Jokowi. Kata dia, Jokowi ingin mengajak para ketua umum parpol ngopi bareng.

“Setelah pertemuan KIB, Bapak Jokowi mengundang kami untuk ngopi bareng,” ungkap Zulkifli Hasan.

Seperti diketahui, KIB terdiri dari Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sementara, PPP sudah menyatakan secara resmi mendukung pencapresan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Pengumuman dilakukan di kediaman Plt Ketua Umum PPP Mardiono di Pakem, Sleman, Yogyakarta, Rabu (26/4). Mardiono langsung yang mengumumkannya.

“Setelah melalui musyawarah dan diskusi mendalam, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim PPP memutuskan Bapak H Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden RI pada Pemilu Presiden tahun 2024,” kata Mardiono seperti dalam tayangan Youtube PPP, Rabu (26/4/2023).