Yustinus Prastowo diangkat menjadi Komisaris PT Semeng Indonesia (Persero) Tbk. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, Eranasional.com – Staf Khusus (Stafsus) Menteri Keuangan Sri Mulyani, Yustinus Prastowo mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Komisaris PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Surat pengunduran diri disampaikannya ke perseroan pada 18 April 2023.

Corporate Secretary Adhi Karya, Farid Budiyanto mengatakan pengunduran diri itu sehubungan dengan ditunjuknya Prastowo sebagai Komisaris PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

“Bahwa pada tanggal 18 April 2023 perseroan menerima surat pengunduran diri Bapak Yustinus Prastowo dari Jabatan Komisaris PT Adhi Karya (Persero) Tbk, sehubungan dengan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR),” katanya dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (27/4/2023).

Adhi Karya memastikan kejadian ini tidak berdampak terhadap kegiatan operasional, kelangsungan usaha, dan kondisi keuangan. Sebagai gantinya akan dilakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Sebelumnya dalam RUPST PT Semen Indonesia pada Senin (17/8), Prastowo ditunjuk sebagai komisaris. Di sisi lain rapat memberhentikan dengan hormat Astera Primanto Bhakti sebagai Komisaris, Aas Asikin Idat sebagai Komisaris Independen, Aulia Mulki Oemar sebagai Direktur Bisnis dan Pemasaran, dan Adi Munandir sebagai Direktur Supply Chain.

Selain Prastowo, sebagai gantinya rapat mengangkat Saor Siagian sebagai Komisaris Independen, Subhan sebagai Direktur Bisnis dan Pemasaran, serta Yosviandri sebagai Direktur Supply Chain.

RUPST PT Semen Indonesia juga mengubah nomenklatur jabatan direksi perseroan yaitu semula Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko, menjadi Direktur Keuangan dan Manajemen Portofolio yang dijabat oleh Andriano Hosny Panangian.