Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama keluarga mengunjungi tempat wisata di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga nyaris makan buah-buahan yang mengandung formalin saat liburan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), 22-25 April 2023. Sejumlah restoran langsung disidak akibat dari kejadian tersebut.

Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng membenarkan sidak yang dilakukan di enam restoran di Labuan Bajo pada Rabu (26/4) pasca peristiwa Presiden Jokowi nyaris makan buah berformalin.

Pengujian juga dilakukan untuk memastikan tak ada makanan yang mengandung formalin yang dikonsumsi tamu. Khususnya delegasi dan peserta lainnya yang menghadiri KTT ASEAN di Labuan Bajo pada Mei mendatang.

“Memberi rasa aman dan nyaman bagi setiap tamu yang datang khususnya yang melakukan ASEAN Summit bahwa makanan yang disiapkan di Labuan Bajo ini aman untuk dikonsumsi dan tidak mengandung formalin,” kata Weng di sela kegiatan pengujian makanan di sebuah restoran di Labuan Bajo, Rabu (26/4).

Weng mengatakan hasil pengujian sampel makanan di beberapa restoran tak ada yang mengandung formalin. Pengujian formalin pada makanan kembali dilanjutkan Kamis (27/4) untuk restoran-restoran lainnya di Labuan Bajo.

Ia memastikan semua restoran akan didatangi untuk dilakukan pengujian formalin pada makanan.

“Semua, karena kami berkeyakinan semua resto nanti akan dikunjungi, tidak ada satupun resto yang tidak akan kami periksa,” tegas Weng.

Ia berharap tak ditemukan formalin pada makanan di restoran. Ia memastikan akan memberi teguran keras hingga pencabutan izin usaha jika ada restoran yang menjual makanan yang mengandung formalin.