MPP Palembang. (Foto: Humas KemenPANRB)

Eranasional.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo meresmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) terbesar di Indonesia yang berlokasi di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (27/11/2020).

Dalam sambutannya, Tjahjo mengatakan MPP harus menjadi solusi dengan menghadirkan pelayanan yang cepat, ramah dan terintegrasi. Kecepatan penyediaan layanan ini harus menjadi perhatian semua pemerintah daerah.

Lebih lanjut, ia berharap pemerintah daerah memaksimalkan MPP agar proses perizinan dan nonperizinan menjadi lebih efektif dan efisien.

“Kalau bisa kenapa harus memakan waktu berjam-jam, pelayanan butuh kecepatan, MPP ramah dan terintegrasi,” ujarnya.

Komitmen kepala daerah, tegas Menteri PANRB, merupakan suatu keharusan dalam memberikan pelayanan cepat melalui MPP.

“Komitmen Gubernur Sumsel dan Walikota Palembang adalah untuk melayani masyarakat, maka dari itu dibentuk MPP. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat. Mereka masuk satu gedung, untuk urus KTP, pajak , nikah juga disiapkan. Masuk satu ruangan urusan masyarakat semua selesai, ”ujarnya.

Tjahjo mengungkapkan, pelaksanaan reformasi secara menyeluruh merupakan salah satu fokus pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Hal itu dilakukan dengan memangkas birokrasi, sehingga proses pelayanan perizinan yang sebelumnya memakan waktu lama dapat diselesaikan dalam hitungan hari bahkan jam.

“Lima tahun lalu banyak investasi yang terhambat. Pak Jokowi mau pelayanan cepat,” ujarnya.

Tjahjo juga berharap MPP Kota Palembang dapat menjadi contoh pelayanan publik yang efektif dan efisien serta berkontribusi pada peningkatan investasi. Kehadiran MPP ini juga diharapkan dapat memacu daerah lain untuk meningkatkan kualitas pelayanan melalui pengembangan MPP.

MPP Kota Palembang merupakan MPP ke-30 di Indonesia yang memiliki unit layanan terbanyak dan fasilitas terlengkap di Indonesia. Di pusat layanan modern ini, 373 jenis layanan dilayani dari 28 agen. Dengan luas hingga 2 hektar, service center ini merupakan MPP terluas di Indonesia.

Sejumlah unit layanan yang telah tergabung dalam MPP antara lain Bank BNI, Bank BRI, Bank Sumsel Babel, PLN, PDAM, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, BPOM, PT Pos, PT Taspen, Pegadaian, Jasa Raharja, dan Kejaksaan.

Ada juga Kepolisian, Samsat, Imigrasi, Kementerian Agama, Ombudsman RI, Kantor Pajak, ATR / BPN, DPMPTSP Provinsi, PUPR, BPPD Kota dan Provinsi, Kesbangpol dan Disnaker, Disdukcapil, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, dan Persatuan Arsitek. dan PMI.

MPP Kota Palembang memiliki keunikan dibandingkan dengan MPP lainnya. Sebut saja Anjungan Disdukcapil Mandiri (ADM) yang menyediakan fasilitas cetak Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Kartu Tanda Penduduk (KIA).

Ada layanan unik lainnya seperti layanan pijat untuk tunanetra, pojok UMKM, layanan Ombudsman, layanan konsultasi digital, bilik foto yang terhubung ke semua layanan, layanan konsultasi hukum, dan ruang komunitas.

Selain pelayanan administrasi, perizinan dan nonperizinan, MPPP juga menyediakan berbagai sarana dan prasarana penunjang layanan, seperti Drive Thru SIM dan STNK, layanan antrian terintegrasi, dan layanan khusus penyandang disabilitas.

Kemudian layanan investasi, swalayan, ruang pernikahan gratis, taman bermain anak, ruang laktasi, ruang konferensi dengan kapasitas gratis, arena / pojok baca dan layanan fotografi digital gratis. (red)