Suasana arus balik di Bandara Soekarno Hatta, Minggu (30/4/2023). (Foto: Istimewa)

TANGERANG, Eranasional.com –  Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang Banten masih dipadati ribuan penumpang pada arus puncak balik Lebaran 2023 gelombang kedua.

Direktur Operasional Angkasa Pura II (AP2) Muhammad Wasid, mengatakan pada arus balik gelombang kedua ini di prediksi pergerakan penumpang mencapai 170.000 orang.

“Untuk hari kita perkirakan dan prediksi mudah-mudahan mencapai 170.000 (pergerakan penumpang) hanya di Bandara Soekarno-Hatta saja,” ujar Wasid di Bandara Soetta, Minggu (30/4/2023).

Wasid menuturkan dengan meningkatnya pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta yang cukup signifikan selama angkutan Lebaran pihaknya sudah merealisasikan lebih dari seribu extra flight.

“Nah untuk realisasi extra flight (jam penambahan penerbangan) alhamdulillah sejauh ini sekitar 1.140-an nih di atas dari pada prediksi. Kalau perhari sekitar 100-300 Extra Flight,” tuturnya.

“Di Angkasa Pura II (AP2) secara umum secara traffic 30%-nan untuk paxsesion. Nah ini terus kita perkirakan di hari Minggu dan Senin ini menjadi salah satu puncak untuk arus balik Lebaran,” imbuhnya.

Bahkan, kata Wasid, untuk di 20 Bandara yang di bawah naungan Angkasa Pura II pada Minggu (30/4/2023) ini secara keseluruhan telah mengalami traffic peningkatan jumlah penumpang.

“Nah untuk yang corporate kita juga pastikan mungkin di 280.000-an bisa kita capai hari ini, mudah-mudahan bisa terealisasi dan pergerakan on time performance akan kita pertahankan diatas 75%,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Wasid selama masa angkutan Lebaran 2023 destinasi yang masih menjadi favorit tujuan perjalanan masyakarat yakni Denpasar, Kualanamu, dan Surabaya.

“Yang untuk domestik seperti biasa, destinasi favorit Denpasar, Kualanamu, dan kota-kota lain seperti Surabaya dan Makassar. Sementara untuk Internasional di arus balik ini kita lihat, satu ada destinasi Jeddah meningkat menjadi nomor tiga setelah Singapura dan Kuala Lumpur,” jelasnya.