Pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, Egianus Kogoya. (Foto: Dok. KKB)

TIMIKA, Eranasional.com – Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri mengendus adanya kepala daerah yang membantu Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang dipimpin Egianus Kogoya.

Menyikapi hal itu, Kapolda Papua akan melakukan tindakan hukum yang tegas kepada pihak-pihak yang berani kong kalikong dengan separatis.

“Ada beberapa pejabat yang terlihat bersama Egianus Kogoya. Kita akan ambil langkah hukum tegas,”ujar Irjen Mathius di Timika, Minggu (30/4/2023).

Langkah hukum ke depan akan menyasar kepada siapa saja pejabat daerah yang terlibat.

Dia menegaskan tidak akan pandang bulu dalam menindak siapa saja yang membantu Egianus Kogoya dan kawan-kawan.

“Kamia akan memberikan tindakan tegas. Baik itu kepada masyarakat mau pun pejabat yang mendukung aktivitas Egianus Kogoya, kita akan ambil langkah hukum,”tegasnya.

Mathius enggan mengungkapkan secara detail langkah penegakan hukum yang diambil oleh Satgas Damai Cartenz dan TNI dalam operasi penyelamatan Pilot Susi Air.

Polisi dan TNI akan segera mengambil langkah evaluasi yang telah berjalan sebelumnya.

“Kita sudah melakukan langkah negosiasi cukup lama, yakni tiga bulan. Kini saatnya Polri dan TNI akan mengambil langkah tegas penegakan hukum secara terukur oleh Satgas Damai Cartenz dan TNI di bawah tanggungjawab Kapolda,”tegasnya.