Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. (Foto: Instagram/Yasonna Laoly)

JAKARTA, Eranasional.com – Ramai di media sosial (medsos) yang menyebutkan dugaan keterlibatan anak Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Yamitema Tirtajaya Laoly, monopoli bisnis di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Dalam narasi yang beredar di medsos, bisnis koperasi dan kantin di beberapa Lapas disebut dimonopoli oleh Jeera Foundation dengan perusahaannya PT Natur Palas Indonesia. Di perusahaan tersebut, anak Yasonna disebut menjadi Chairman dan Co Founder.

Saat konfirmasi, Wakil Menteri Hukum dan HAM Eddy Hiariej mengatakan hal itu baru sebatas rumor.

“Begini, itu kan baru rumor yang beredar ya,” kata Eddy di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (2/5/2023).

Eddy kemudian menceritakan pengalaman dirinya berkunjung ke sejumlah Lapas. Menurut dia, pembinaan di Lapas dilakukan dengan baik.

“Saat saya berkunjung ke Lapas, selama ini pembinaan dan kemitraan yang dilakukan sangat baik, justru sangat membantu narapidana dan saya masih belum melihat lebih lanjut terkait isu-isu itu, dan itu masih perlu didalami,” ujar Eddy.

“Tetapi pengalaman di lapangan selama ini, saya mengunjungi sudah puluhan bahkan ratusan Rutan dan Lapas. Kemitraan yang dilakukan oleh koperasi maupun jeera itu berlangsung baik dan sangat membantu,” sambung Eddy.

Saat ditanya lebih lanjut mengenai kabar di media sosial itu, Eddy tak memberikan jawaban tegas. Dia menyatakan hanya menyampaikan realitas di lapangan.

“Sekali lagi saya tidak menjawab itu persoalan tuduhan, tetapi yang saya sampaikan realita dan fakta di lapangan,” ujar Eddy.