Bupati Pandeglang Irna Narulita. (Foto: Net)

JAKARTA, Eranasional.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka kemungkinan akan memanggil Bupati Pandeglang, Irna Narulita, karena diketahui memiliki harta kekayaannya sangat fantastik, yakni Rp62,5 miliar.

Sorotan kepada Irna berawal ketika massa menggelar demonstrasi di depan kantor Bupati Pandeglang yang berakhir ricuh.

Irna semakin disorot karena perilaku anaknya, Rizka Amalia Ramadhani Natakusumah yang viral di media sosial karena memamerkan kemewahan.

Rizka sempat mengunggah foto dirinya dengan tas mewah merek YSL. Selain itu, dia mengunggah saat liburan ke luar negeri, berbanding terbalik dengan dengan kondisi masyarakat di Pandeglang.

Sorotan kemudian tertuju ke harta milik Irna yang tercantum dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Diketahui, kekayaan Irna melonjak hampir Rp15 miliar dalam kurun waktu dua tahun.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan pihaknya akan mempelajari tiap informasi dari masyarakat soal kejanggalan harta pejabat. Alex memastikan KPK akan menelusuri terlebih dahulu informasi tersebut.

“Semua informasi yang kita terima akan kita klarifikasi termasuk harta kekayaan yang diduga tidak wajar,” kata Alex di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (5/5/2023).

Bahkan, Alex menyatakan, KPK tidak menutup kemungkinan meminta klarifikasi kepada Irna Narulita. “Nanti akan kita tanya,” ujarnya.

Kekayaan Irna Narulita

Kekayaan Irna Narulita melonjak hampir Rp15 miliar dalam kurun waktu dua tahun. Pada LHKPN periode 2021, kekayaan Irna Narulita senilai Rp48,6 miliar.

Kini, harta Irna tercatat mencapai Rp 62.562.624.825. Harta itu dilaporkan pada Februari 2023.

Aset Irna terdiri dari 112 bidang tanah yang tersebar di Pandeglang, Serang, Sleman, dan Jakarta Barat dengan nilai Rp60.600.521.970.

Irna juga melaporkan kepemilikan satu unit kendaraan motor Honda tahun 2008 seharga Rp2,7 juta.

Selain itu, dia juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp562.350.000 serta kas dan setara kas sebesar Rp1.397.052.855.

Dia tidak tercatat memiliki utang. Kekayaan bersih Irna Narulita tercatat mencapai Rp62.562.624.825.