Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan inspeksi ke Provinsi Lampung yang kerap dikritik publik karena jalanannya rusak parah. (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan inspeksi ke Lampung, Jumat (5/5/) kemarin, provinsi yang belakangan dikritik publik karena jalanannya yang rusak parah.

Ada ruas jalan di Lampung Tengah yang sempat viral dan Pemprov Lampung menyiapkan perbaikannya, namun ternyata Jokowi tidak lewat ruas jalan tersebut.

Ruas jalan yang sudah disiapkan perbaikannya ada di Kecamatan Rumbia, ruas Simpang Randu-Seputih Surabaya, Lampung Tengah. Di sini, alat-alat berat sudah disiapkan dan perbaikan ditargetkan kelar pada Oktober nanti.

Di lokasi ini pula sebelumnya, sempat viral aksi kritik warga bernama Mira Desiana melalui video TikTok. Mira berkubang di jalan rusak ini.

Namun ternyata Presiden Jokowi tidak lewat Kecamatan Rumbia itu pada kunjungannya Jumat (5/5). Di Lampung Tengah, Jokowi meninjau Jalan Seputih Rahman.

“Presiden Jokowi tidak sampai Rumbia. Presiden Jokowi tadi melewati Kota Gajah, salah satu dari 14 ruas yang juga kami prioritaskan untuk diperbaiki,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi (BMBK) Provinsi Lampung, Febrizal Levi Sukmana, Jumat (5/5/2023).

Presiden Jokowi inspeksi jalanan rusak di Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023). (Foto: Biro Pers Setpres)

Dalam kunjungannya ke Lampung, Presiden Jokowi pertama kali meninjau jalan rusak di Jalan Terusan Ryacudu, Kabupaten Lampung Selatan. Ruas ini tidak masuk dalam 14 jalan yang diprioritaskan akan diperbaiki Pemprov Lampung menggunakan APBD 2023. Namun demikian, jalan ini tetap akan diperbaiki.

“Meski bukan termasuk 14 ruas prioritas utama untuk menumbuhkan perekonomian, tetapi ruas Simpang Korpri-Purwotani (Terusan Ryacudu) merupakan akses utama gerbang Tol Kotabaru Itera,” kata Levi.