Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan inspeksi ke Provinsi Lampung yang kerap dikritik publik karena infrastruktur jalanannya rusak parah. (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pentingnya infrastruktur jalan. Dia pun meminta masyarakat yang jalanan di wilayahnya masih rusak parah agar melapor langsung ke dirinya.

“Infrastruktur jalan itu penting untuk mendukung arus mobilitas barang dan orang,” kata Jokowi dikutip dari akun Twitternya, Sabtu (6/5/2023).

Adapun cara melaporkan jalan yang sudah lama tidak diperbaiki yakni melalui Twitter atau Instagram pribadinya. Laporan itu, kata Jokowi, bisa dilakukan melalui kolom komentar atau pesan langsung.

“Apabila jalan di daerah Anda masih rusak parah dan sudah lama tidak diperbaiki, sampaikan kepada saya melalui kolom komentar dan kirim video melalui pesan langsung di akun Twitter ini,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi, Jumat (5/5) kemarin, meninjau jalan rusak di Lampung yang sebelumnya viral di media sosial. Jokowi menyindir Pemprov Lampung kondisi jalanan di daerah membuat dirinya tertidur di dalam mobil.

“Bagus kok jalannya, mulus sampai bikin tidur mobil,” ucap Jokowi sambil tersenyum, Jumat (5/5).

Akibat jalanan di Lampung yang rusak parah, indikator mobil sedan Mercedes-Benz yang ditumpangi Jokowi menyala saat melintasi jalanan yang rusak penuh lubang dan tidak beraspal. Indikator tersebut menyala usai Jokowi selesai mengunjungi titik kedua di Jalan Seputih Raman.

“Begitu di Jalan Seputih Raman, saat Bapak Presiden lagi meninjau jalan, kami diberi tahu harus ganti mobil karena ada indikator menyala,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

Bey mengatakan, meski mobil tersebut masih menyala, namun Komandan Paspampres Mayor Jenderal TNI Rafael Granada Baay menyarankan untuk berganti mobil.

“Diganti dengan jenis jip,” ujar Bey.