Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, Eranasional.com – Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengungkapkan bahwa nama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Pariwansa, paling sering diperbincangkan di internal Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) sebagai bakal cawapres Anies Baswedan.

Selain Khofifah, nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus harimurti Yudhoyono (AHY) dan mantan Gubernur Jawa Barat yang juga kader PKS, Ahmad Heryawan (Aher).

“Buat saya, Mas AHY sangat top list ya. Karena beliau ketua umum partai yang membawahi 54 kursi di DPR RI, kemudian muda, berprestasi. Di kami ada Kang Aher, Gubernur di provinsi terbesar di Indonesia, yaitu Jawa Barat, dua periode dengan prestasi yang luar biasa,” kata Mardani, Sabtu (13/5/2023).

Namun ungkap Mardani, nama Khofifah Indar Parawansa yang paling banyak diperbincangkan di internal. Hal ini lantaran sosok Khofifah yang dianggap keren.

“Bu Khofifah banyak dibincangkan di internal, karena pertama memang cool orangnya,” ujarnya.

Tak hanya itu, basis Khofifah di Jawa Timur dinilai dapat memperkuat elektabilitas Anies yang lemah di Jawa Timur. Khofifah juga dinilai dapat mengambil suara pemilih perempuan dan membuka akses ke NU.

“Kemudian basisnya Jawa Timur, bisa memperkuat elektabilitas Mas Anies, bisa kita ambil buat pemilih perempuan, dan mudah-mudahan terbuka akses ke teman-teman NU,” tuturnya.

“Walaupun Mas Anies juga Alhamdulillah banyak sekali diundang oleh komunitas-komunitas NU di masyarakat,” lanjutnya.