Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. (Foto: Dok PKB)

JAKARTA, Eranasional.com – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyatakan bahwa dirinya tidak akan mencalonkan diri sebagai calon legislatif (caleg) pada Pemilu 2024. Dia mengatakan hal itu lantaran dirinya dipersiapkan oleh para ulama untuk menjadi Cawapres Prabowo Subianto.

“Muhaimin Iskandar enggak nyaleg. Saya diperintah oleh para kiai, Dewan Syura, Ijtima Ulama untuk tidak boleh nyaleg, karena dipersiapkan untuk nyalon di pilpres,” kata Cak Imin di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023).

Ketika ditanya apakah dirinya maju sebagai capres atau cawapres, Cak Imin mengatakan keduanya memungkinkan. Sambil berseloroh dia mengatakan, asalkan tidak sebagai Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

“Presiden atau wapres. Kalau tidak capres, ya cawapres, yang penting bukan Wantimpres,” ujarnya sambal tersenyum.

Namun, Cak Imin menyebut dirinya tidak ingin berandai-andai terlalu jauh akan menjadi cawapresnya Prabowo Subianto. Dia menekankan tetap berpegang teguh pada perintah PKB dan para ulama.

“Ya intinya kita tetap teguh ke keputusan PKB. Saya diperintah oleh PKB dan para kiai untuk terus maju sebagai capres atau cawapres, tidak akan ada revisi kecuali nanti ada muktamar,” jelasnya.

Cak Imin mengaku dirinya tetap berkomunikasi dengan Prabowo. Mengenai persoalan capres cawapres akan segera diputuskan.

“Insya Allah akan segera diputuskan,” imbuh Cak Imin.