Timnas Indonesia U-22 melaju ke babak final sepak bola SEA Games 2023 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2. (Foto: Dok PSSI)

Eranasional.com – Timnas sepak bola Indonesia U-22 melaju ke final SEA Games 2023. bermain Meski dengan 10 pemain, Timnas Indonesia berhasil menaklukkan Timnas Vietnam U-22.

Pertandingan yang digelar di National Olympic Stadium, Sabtu (13/5/2023), hingga babak pertama berakhir kedudukan imbang 1-1. Gol Indonesia dicetak Komang Teguh, dan disamakan oleh Vietnam melalui gol yang dicetak Nguyen Van Tung.

Indonesia kembali unggul pada menit ke-53. Muhammad Ferrari yang menciptakan gol kedua timnas Indonesia.

Indonesia kehilangan satu pemain, setelah Pratama Arhan mendapat kartu kuning kedua delapan menit berselang.

Vietnam kembali menyamakan kedudukan pada menit ke-79. Bagas Kaffa melakukan gol bunuh diri. Indonesia mencetak gol kemenangan berkat gol yang dicetak Taufani Muslihuddin pada masa injury time, hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan berbunyi, Indonesia unggul dengan kedudukan 3-2.

Di babak final, Indonesia akan berhadapan dengan pemenang pertandingan antara Thailand vs Myanmar. Babak final akan berlangsung di National Olympic Stadium pada 16 Mei 2023.

Pertandingan berlangsung sengit

Indonesia unggul pada menit ke-10, berawal dari lemparan ke dalam yang dilakukan Pratama Arhan disambut dengan sundulan Komang Teguh Trisnanda Putra. Kiper Vietnam, Quan Van Chuan, gagal membendung bola. Indonesia unggul 1-0.

Vietnam berhasil menyamankan kedudukan melalui gol Nguyen Van Tung yang melakukan sundulan meneruskan umpan silang dari sayap kiri. Bolanya gagal dihalau oleh kipper Indonesia, Ernando Ari.

Keributan sempat terjadi di masa injury time babak pertama. Alfeandra Dewangga dan Vo Minh Trong mendapatkan kartu kuning karena bersitegang. Hingga turun minum kedudukan imbang tidak berubah. Indonesia dan Vietnam berbagi angka 1-1.

Di babak kedua menit 53 Indonesia mencetak gol kembali. Lemparan ke dalam Arhan kembali menjadi ancaman, bolanya ditinju kiper Vietnam, Quan Van Chuan. ola Bola muntah disambut Marselino Ferdinan, tendangannya dibelokkan Ferrari hingga masuk ke gawang Vietnam.

Indonesia harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-61, setelah Pratama Arhan melakukan pelanggaran pada pemain sayap Vietnam, sehingga memaksa wasit mengeluarkan kartu merah.

Vietnam mengancam pada menit ke-71. Khuat Van Khang melepas tendangan jarak jauh, arahnya masih melebar dari gawang yang dikawal oleh Ernando Ari.

Indonesia sesekali mengancam gawang Vietnam. Tendangan jarak jauh Taufani Muslihuddin pada menit ke-73 masih melebar.

Kedudukan kembali seimbang pada menit ke-79. Umpan silang Nguyen Ngoc Thang salah diantisipasi oleh Bagas Kaffa hingga masuk ke gawang sendiri.

Ernando melakukan penyelamatan pada menit ke-85. Sundulan Van Tung yang ditepis hingga membuahkan tendangan sudut.

Indonesia mencetak gol ketiga melalui tendangan Taufani Muslihuddin pada masa injury time. Dia berhasil mengecoh pemain Vietnam untuk mencetak gol kemenangan. Hingga laga selesai Indonesia unggul 3-2 dan berhak melaju ke final SEA Games 2023.

Susunan Pemain

Indonesia: Ernando Ari, Rizky Ridho, Amiruddin Bagas, Komang Teguh (Muhammad Ferrari 46), Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga; Ananda Raehan (Taufani Muslihuddin 46), Marselino Ferdinan, Fajar Fathur Rachman, Witan Sulaeman (Rio Ilham 64), Muhammad Ramadhan Sananta

Vietnam: Quan Van Chuan, Phan Tuan Tai, Tran Quang Thinh, Nguyen Ngoc Thang, Le Van Do, Nguyen Van Tung, Nguyen Thanh Nhan, Nguyen Thai Son, Ho Van Cuong, Vo Min Trong, Nguyen Duc Phu.