Ilustrasi KAI. (Foto: Net)

BANDUNG, Eranasional.com – Mulai 1 Juni 2023, PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah siap mengoperasikan KA Banyubiru Semarang-Solo. Layanan KA Banyubiru ini dijalankan sesuai dengan pemberlakuan Gapeka 2023 (Grafik Perjalanan KA). Yuk, kita ketahui lebih banyak lagi fakta KA Banyubiru di sini.

Sebelumnya Netizen di media sosial dan Tiktok membahas bahwa Kereta Api Kalijaga reborn menjadi Kereta Api Banyubiru.

Kereta Api Kalijaga dulunya adalah kereta api yang beroperasi untuk relasi Stasiun Poncol Semarang-Solo Balapan. Beroperasi dari tahun 2014 dan berhenti beroperasi per 1 Desember 2019.

Namun, menurut kereta-api.info, kereta api Banyubiru merupakan kereta api komuter kelas bisnis yang pernah dioperasikan pertama kali bulan Maret tahun 2010. Kereta ini melayani perjalanan dari Semarang ke Yogyakarta melalui jalur Selatan.

Kemudian, Juli 2010 beralih ke jalur Utara dengan tujuan meningkatkan penumpang. Sayangnya, operasinya dihentikan pada 25 Juli 2013, karena terus merugi.

Kerugian itu berhubungan erat dengan jadwal operasional yang tidak sesuai dengan para pekerja dan pelancong asal Semarang yang pulang pergi ke Yogyakarta. Lalu, dengan adanya pemberlakuan Gapeka baru 2023, KAI meluncurkan KA Banyubiru kembali dengan rute yang berbeda.

Pihak KAI sendiri menjelaskan bahwa KA Banyubiru tidak menggantikan KA Kalijaga yang melintas di relasi Solo-Balapan tersebut. Kereta api yang akan melintas di relasi Solo-Bapalan justru Kereta Api Joglosemarkerto.

Nantinya, Joglosemarkerto akan beroperasi melingkar termasuk Semarang, Solo, Yogyakarta, Kroya, Purwokerto, Tegal, dan Pekalongan.

Tarif KA Banyubiru sendiri sudah ditentukan sesuai dengan tarif batas atas dan tarif batas bawah. Pada tahap awal, KA Banyubiru akan beroperasi di akhir pekan bulan Juni 2023.

Tarif yang ditawarkan oleh KAI untuk Kereta Api Banyubiru adalah sebagai berikut:
– Kelas eksekutif Rp30.000
– Kelas ekonomi Rp20.000

Jadwal keberangkatan KA Banyubiru tersebut adalah sebagai berikut.

– Banyubiru (207F) berangkat dari Semarang Tawang pukul 07.50 WIB sampai tujuan Solo Balapan pukul 09.55 WIB.
– Banyubiru (207F) berangkat dari Solo Balapan pukul 10.40 WIB sampai tujuan Semarang Tawang pukul 12.42 WIB.

Kereta Api Banyubiru dapat menempuh jarak sekitar 2 jam 5 menit dari Semarang Tawang-Solo Balapan.

Demikian itu beberapa fakta KA Banyubiru untuk Anda. Semoga bermanfaat.