Ilustrasi Light Rail Transit (LRT). (Foto: Net)

DENPASAR, Eranasional.com Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bakal ikut memperjuangkan pembangunan LRT di Bali. Menurut dia, LRT bisa jadi solusi permasalahan transportasi di Bali.

Untuk diketahui, wacana pembangunan LRT di Bali mencuat setelah adanya pertemuan antara Gubernur Bali Wayan Koster dengan Duta Besar Inggris Untuk Indonesia dan Timur leste Owen Jenkins di Gedung Jayasabha, Denpasar, pada Kamis (11/5) lalu.

“Menurut saya sangat strategis ya, dan layak masuk ke PSN. Karena proyek LRT Bali ini akan menuntaskan secara sistematis permasalahan transportasi di destinasi unggulan Indonesia yaitu Bali,” ujar yang dikutip, Senin (15/5/2023).

Sandiaga melanjutkan, selama ini, Bali selalu dilanda kemacetan jika ada event dan musim liburan. Sehingga, LRT dinilai bisa menjadi solusi kemacetan tersebut.

Selain itu, bilang dia, LRT bisa menjadi pemicu adanya integrasi sitem transportasi di Bali.

“Nah LRT ini akan menghubungkan pusat-pusat mobilitas di Pulau Bali akan sangat mendorong terintegrasinya sistem transportasi, dan sudah selayaknya, karena jumlah devisa yang dihasilkan Bali ini sangat tinggi, ini mendapat perhatian secara komprehensif dari pemerintah seperti yang kita lakukan di MRT di Jakarta,” imbuh dia.

Senadiaga juga menilai pembangunan LRT di Bali sangat mendesak. Maka itu dia akan memperjuangan pembangunan LRT Bali sampai ke Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Di sisi lain, dari aspek keekonomian, dia melihat proyek transportasi ini memiliki pengembalian investasi atau internal rat of return (IRR) bisa belasa persen.

“Saya ini pengalaman ngitung aspek keekonomian bahwa proyek transportasi dengan pendekatan kemitraan pemerintah dan badan usaha ini sangat layak dari segi internal rate of return yang rata-rata mencapai belasan persen,” pungkas Sandi.