Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. (Foto: Dok Kemenaker)

JAKARTA, Eranasional.com – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah resmi maju sebagai bakal calon legislatif (caleg) dalam kontestasi Pemilu 2024 mendatang. Ida menjamin kinerjanya sebagai Menaker tidak terganggu.

“Soal menteri yang mencalonkan diri, saya kira Ini kan bukan hal baru. Pada pemilu-pemilu sebelumnya juga banyak menteri yang mencalonkan diri sebagai caleg,” kata Ida Fauziyah di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Senin (15/5/2023).

Dia menyatakan akan membagi tugas dengan Wakil Menaker Afriansyah Noor yang juga mencalonkan diri sebagai caleg. Dia memastikan pencalonan dirinya dan Afriansyah tak akan mengganggu tugas di Kemenaker.

“Saya kira tugas utama saya sebagai menteri tetap membantu presiden sebagaimana instruksi yang dimandatkan kepada saya, karena saya akan membagi dengan baik kalau harus kampanye dan harus cuti. Tapi sebaiknya saya akan memanfaatkan hari Sabtu dan Minggu,” ujar Ida.

“Pak Wamen juga nyaleg, kami akan berbagi tugas dengan beliau. Kalau misalnya harus cuti ini harus diupayakan berjalan dengan baik, tidak mengganggu kinerja di kementerian, kami akan berbagi,” sambungnya.

Ida mengaku akan cuti agar tak mengganggu tugasnya di Kemenaker. Dia berkeyakinan, tim Kemenaker akan kuat menjalankan tugas jika dirinya tak bisa terjun langsung ke lapangan karena cuti.

“Kami mencalonkan diri bukan sebagai calon presiden yang membutuhkan energi yang luar biasa. Pasti kami akan kuatkan tim Kemenaker jika harus cuti, maka tim Kementerian Ketenagakerjaan ini akan kuat dan juga akan memperkuat tim saya. Jadi enggak perlu saya turun secara langsung kecuali hari libur atau jika terpaksa pun saya harus cuti, seperti itu,” jelas Ida Fauziyah.

Ida Fauziyah mengaku telah mendiskusikan pencalegannya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kata dia, komunikasi dengan Presiden Jokowi akan dilakukan setelah pendaftaran caleg.

Untuk diketahui, Menaker Ida Fauziyah mencalonkan diri sebagai caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sedangkan Wakil Menaker Afriansyah Noor maju melalui Partai Bulan Bintang (PBB). Dia menyatakan telah saling berkomunikasi dengan Afriansyah.