Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. (Foto: Dok Kemenparekraf)

JAKARTA, Eranasional.com – Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei terbaru mereka terkait Pilpres 2024. Hasil survei menyebutkan Sandiaga Uno unggul dalam elektabilitas bakal cawapres. Dan ada kejutan, Mahfud MD menyalip Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan, survei dilakukan pada tanggal 2-7 Mei 2023, melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Jumlah sampel sebanyak 1.220 responden, yang tersebar di 34 provinsi. Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat atau multistage random sampling dengan margin of error ± 2,82% pada tingkat kepercayaan 95%.

Pada kategori elektabilitas bakal cawapres, Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil menjadi pilihan tertinggi responden. Sementara pada urutan berikutnya ditempati oleh Mahfud MD, AHY dan Erick Thohir. Sedangkan elektabilitas nama-nama lainnya berada di bawah 10%.

“Dan yang mengagetkan, saya pikir ini nama baru ya tidak pernah dibahas terlalu banyak dalam rilis sebelumnya. Pak MahfuD masuk peringkat tiga besar dan masuk angka belasan persen, tidak jauh beda dengan nama teratas yang biasanya jauh sekali dengan nama lainnya,” kata Yunarto, Senin (15/5/2023).

“Bahkan Pak Mahfud menyalip AHY, Erick Thohir, Khofifah, dan Muhaihim Iskandar (Cak Imin). Yang kita tahu lebih rajin safari politik atau berkeliling,” sambungnya.

Berikut hasil survei Charta Politika bakal cawapres 2024:

Sandiaga Uno 19,8%

Ridwan Kamil 18,4%

Mahfud Md 15,2%

Agus Harimurti Yudhoyono 10,9%

Erick Thohir 9,2%

Khofifah I Parawansa 5,8%

Muhaimin Iskandar 3,5%

Puan Maharani 2,9%

Airlangga Hartarto 2,2%

TT/TJ 12,0%.