Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan hormat kepada Presiden Jokowi usai mengikuti acara penanaman pohon Mangrove di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, Senin (15/5). (Foto: Instagram)

JAKARTA, Eranasional.com – Rekaman video yang menampilkan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berlari dan minta maaf ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) viral di media sosial TikTok. Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak memberikan penjelasan terkait hal itu.

Dalam video yang beredar itu, terlihat Jokowi yang tiba-tiba memanggil Prabowo. Sadar dirinya dipanggil, Prabowo dengan sigap langsung berlari ke arah Jokowi.

“Siap Pak, minta maaf Pak,” kata Prabowo sambil berlari ke arah Presiden Jokowi.

Usai Prabowo menghampiri Jokowi, mereka lalu bersalaman. Ternyata Jokowi memanggil untuk berpamitan meninggalkan lokasi.

Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar memberikan penjelasan. Katanya, peristiwa itu terjadi usai kegiatan penanaman Mangrove di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, Senin (15/5). Dahnil menyebut sebelum meninggalkan lokasi, Presiden Jokowi mencari dan memanggil Prabowo Subianto.

“Itu peristiwa ketika penanaman Mangrove, dan Pak Jokowi akan meninggalkan lokasi, namun sebelum meninggalkan lokasi beliau mencari dan memanggil Pak Prabowo,” jelasnya.

Karena itu lah, Prabowo langsung menghampiri dan meminta maaf ke Jokowi. Prabowo pun memberikan hormat sekaligus melepas Presiden Jokowi.

“Sehingga Pak Prabowo berlari menghampiri dan memohon maaf sambil memberikan hormat melepas Pak Presiden,” imbuh Dahnil.

Sebagai informasi, kegiatan penanaman Mangrove ini merupakan acara puncak nasional oleh TNI seluruh Indonesia tahun 2023.

Selain Presiden Jokowi, hadir dalam acara itu Menhan Prabowo Subianto, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan para kepala staf angkatan di TNI.