Timnas Indonesia U-22 berhasil mengalahkan Thailand di final SEA Games 2023 yang digelar di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5) malam. (Foto: Reuters)

Tertinggal dari Indonesia, pelatih Thailand Ithsara Sritharo melakukan dua pergantian pemain sekaligus. Bukkoree Lemdee dan Achitpol Keereero digantikan oleh Phongsakon Tsirat serta Anan Yodsangwal pada menit ke-30.

Timnas Indonesia terus melakukan ancaman, kali ini giliran Witan Sulaeman yang beraksi. Pemain Persija Jakarta itu melakukan cutting inside di sisi kanan pertahanan Thailand, lalu melepaskan shooting mendatar, tapi bisa ditangkap kiper Thailand, Soponwit Rakyart.

Jelang turun minum, di masa injury time, Indonesia menambah keunggulan dengan mencetak gol keduanya. Ramadhan Sananta kembali membuat gol. Ia berhasil meneruskan umpan Rizky Ridho menjadi gol.

Gol itu diprotes Thailand karena menganggap bola itu adalah bola fair play, usai terjadi pelanggaran di kotak penalti Indonesia. Wasit ternyata tetap mengesahkannya.

Di babak kedua Thailand berusaha beralih mengambil kendali permainan. Sementara Timnas Indonesia U-22 memilih bermain di belakang dengan banyak menempatkan pemain.

Aksi adu jotos antara pemain Timnas Indonesia U-22 dengan pemain Thailand di laga final SEA Games 2023, Selasa (16/5/2023) malam. (Foto: Istimewa)

Peluang emas pun didapatkan Thailand lewat Settasit Suvannaseat pada menit ke-52. Beruntung Ernando masih bisa melakukan tepisan untuk menghindari dari kebobolan.

Thailand akhirnya berhasil memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-2 pada menit ke-65. Anan Yodsangwal sukses melakukan sundulan dengan menyambut tendangan sudut yang dilepaskan Channarong Promsrikaew.