Timnas Indonesia U-22 berhasil mengalahkan Thailand di final SEA Games 2023 yang digelar di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5) malam. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, Eranasional.com – Timnas Indonesia U-22 mengakhiri puasa gelar setelah mengalahkan Thailand dengan skor telak 5-2 di laga finas SEA Games 2023. Dengan begitu, Indonesia berhak mendapatkan medali emas.

Timnas Indonesia U-22 dan Thailand memulai laga yang digelar di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5) malam, dengan hati-hati. Kedua tim bermain rapat, sehingga harus membangun serangan dengan sabar.

Gawang Indonesia sempat terancam oleh tendangan bebas pemain Thailand pada menit ke-8. Beruntung, bola berhasil dihalau bek Bagas Kaffa, sebelum disambut pemain Thailand di dalam kotak penalti.

Dua menit berselang, giliran Timnas Indonesia U-22 yang mengancam gawang Thailand melalui kerja sama Marselino Ferdinan dan Ramadan Sananta. Marselino mengiring bola ke depan dan melepaskan tendangan. Sayang, sepakannya yang melebar dan tinggi.

Pemain Timnas Indonesia U-22 merayakan usai mencetak gol di laga final SEA Games 2023 melawan Thailand. (Foto: Istimewa)

Thailand membalas melalui skema umpan terobosan. Teerasak Poephimai yang lolos jebakan offside berhasil menggapai bola, tapi sudut sempit membuat tendangannya menyamping di sisi kiri gawang Indonesia.

Aksi saling balas serangan terjadi. Timnas Indonesia U-22 gantian melakukan percobaan. Komang Teguh membawa bola ke tengah lapangan, kemudian melepaskan tendangan jarak jauh, tapi masih belum tepat sasaran.

Indonesia membuka keunggulan 1-0 lewat skema lemparan jarak jauh yang dilepaskan Alfeandra Dewangga pada menit ke-21. Sananta melakukan tandukkan, bek Thailand Songchai Thongcham mencoba menghalau tapi bola tetap masuk ke gawang.