Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menolak kehadiran timnas Israel di Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, Eranasional.com – Timnas Sepak Bola Indonesia U-22 berhasil mempersembahkan medali emas SEA Games 2023 usai mengalahkan Thailand di babak final dengan skor telak 5-2, Selasa (16/5/2023). Gubernur Jawa Tengah yang juga capres dari PDIP, Ganjar Pranowo, memberikan ucapan selamat.

Timnas Indonesia unggul 2-0 di babak pertama berkat gol yang dicetak oleh Ramadhan Sananta. Thailand berhasil menyamakan kedudukan berkat gol Anan Yongsangwal dan Yotsakorn Burapham di babak kedua.

Indonesia menambah tiga gol pada babak tambahan waktu berkat gol yang dilesakkan Irfan Jauhari Fajar, Fatur Rahman dan Beckham Putra.

Usai keberhasilan ini, sejumlah pihak memberikan ucapan selamat kepada Timnas Indonesia U-22, tak terkecuali Ganjar Pranowo.

Ganjar memberikan ucapan selamat melalui akun media sosialnya. “Alhamdulillah akhirnya emas sepak bola SEA Games kembali kita rengkuh. Selamat, bung!,” kata Ganjar Pranowo dikutip dari akun Twitternya @ganjarpranowo, Kamis (18/5/2023).

Cuitan Ganjar itu direspon dengan sindiran oleh warganet. Banyak yang memberikan komentar-komentar bernada ejekan hingga hujatan.

Tidak sedikit dari mereka yang menilai Ganjar hanya mencari perhatian dan disinggung saat menyatakan penolakan Timnas Israel yang menjadi penyebab gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2023.

“Harusnya minggu depan kita jadi tuan rumah dan main di Piala Dunia U20 ndoro, gak kebayang euforianya seperti apa? Habis emas SEA Games lanjut Pildun, tapi… Ya sudah lah,” kata salah satu netizen.

“Tapi lebih senang ketika Indonesia bisa bermain dipertandingan Piala Dunia pak. Ah tapi sayangnya digagalkan, sayang seribu sayang,” komentar netizen yang lain. “Ucapan bapak ngerusak momen bahagia kami penikmat bola timnas Indonesia.. JANGAN CAMPUR ADUK SEPAK BOLA DENGAN POLITIK,” sindir netizen lainnya.