Kabel tis
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto (Foto: Net)

JAKARTA, Eranasional.com – Mario Dandy kembali membuat warganet geram atas aksinya membuka borgol kabel tis sendiri. Videonya pun sampai viral dan menjadi perbincangan hangat.

Pasalnya diketahui borgol kabel itu seharusnya diikat dengan kuat hingga tidak bisa dibuka sembarangan menggunakan tangan kosong.

Terkait ini, Kapolda Metro Jaya, Irjen (Pol) Karyoto, meminta maaf kepada masyarakat luas apabila pihaknya melakukan kesalahan dalam penanganan perkara Mario Dandy Satrio (20).

“Pada kesempatan ini saya tergugah dan saya merasa bertanggung jawab dengan adanya berita viral yang menyangkut penanganan perkara Mario Dandy. Saya selaku penanggung jawab dari Polda Metro Jaya, saya meminta maaf,” ujar Karyoto kepada wartawan, Minggu (28/5/2023).

Karyoto juga berterima kasih kepada warganet yang senantiasa memberikan kritik serta masukan terhadap penanganan hukum.

Menurut dia, kritikan warganet dapat menjadi pelecut sekaligus koreksi bagi Polda Metro Jaya.

“Saya tidak akan berbicara ke belakang bagaimana proses kejadiannya. Yang jelas kalau memang ini menjadi semacam koreksi bagi Polda Metro, saya terima. Saya juga berterima kasih kepada netizen yang telah memberikan kritikan dan masukan,” ujarnya.

Atas hal itu Kapolda Metro juga meminta Kabid Propam Polda Metro Jaya Kombes Pol Bhirawa Braja Paksa untuk memeriksa terkait viralnya video tersangka Mario Dandy Satriyo yang mengenakan borgol tali tis sendiri beberapa hari lalu.

“Saya juga perintahkan Kabid Propam untuk memeriksa apakah ada hal-hal yang dilakukan anggota kami secara standar operasi prosedur ada yang dilanggar,” kata Kartoyo.

“Dan secara kepatutan apakah ada peraturan-peraturan disiplin yang dilanggar,” tegasnya.

Diketahui dalam video tersebut dengan santai Mario Dandy menggaruk-garuk kakinya menggunakan dua tangan bebasnya.

Sadar bahwa tindakannya itu disorot kamera, Mario Dandy buru-buru mengambil kabel tis berbentuk borgol di atas meja dan segera memakainya kembali.