Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno menghadiri acara Harlah PPP ke-50 beberapa waktu lalu. (Foto: Instagram/Sandiaga Uno)

JAKARTA, Eranasional.com – Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy atau Rommy, menyebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno hanya tinggal menunggu waktu untuk bergabung dengan partai berlambang Kabah tersebut.

Kata Romy, Sandiaga Uno sudah 96% bergabung dengan PPP.

“Kalau menggunakan angka, beliau menyebut angka 96%. Waktu di Magelang. Tadi saya tanya, sampean benar 96%? Iya, jawab beliau,” kata Romy saat ditemui di Redtop Hotel, Jakarta, Rabu (31/5/2023).

Lanjut Rommy, Sandiaga telah meminta waktu hingga dua bulan kepada Pelaksana tugas (Plt) PPP Mardiono untuk bergabung dengan PPP.

“Minggu lalu, Pak Sandi bilang ke Pak Mardiono, bahwa dia masih butuh waktu satu sampai dua bulan ini. Mungkin bulan Juli akan lebih pasti,” ujarnya.

Selain itu, dinamika politik nasional juga menjadi alasan Sandiaga belum secara resmi bergabung ke PPP. Dia menyebut beberapa pertimbangan mantan politisi Partai Gerindra itu seperti deklarasi capres dari partai koalisi hingga nama-nama kandidat cawapres.

“Tentu dinamika politik nasional menjadi bahan pertimbangan,” jelas Rommy.

Sebelumnya, Sandiaga Uno mengatakan bahwa dirinya belum menentukan partai politik yang akan dipilihnya untuk bergabung setelah mundur dari Partai Gerindra. Dia mengatakan akan mengumumkan keputusannya dalam waktu dekat.

“Keputusannya tentunya akan diambil pada beberapa minggu ke depan. Teman-teman pasti akan diberikan kesempatan pertama untuk mendengar nanti keputusannya saya diskusikan dan saya pertimbangkan untuk langkah-langkah ke depan,” kata Sandiaga di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (31/5).

Kata Sandi, dirinya yagn akan mengumumkan secara langsung soal partai yang dipilihnya usai berkonsultasi dengan para tokoh agama dan masyarakat. Hal itu, demi mencapai tujuan Indonesia emas ke depannya.

“Dan tentunya berkonsultasi dengan para kiai, dengan para ulama, tokoh masyarakat agar bisa mencapai tujuan bersama demi capaian Indonesia emas ke depannya,” imbuhnya.

Dia mengungkapkan, besar kemungkinan akan bergabung dengan PPP, dari pada partai lain. Dia pun menyebut telah menerima tugas dari Plt Ketua Umum PPP Mardiono untuk diwujudkan.

“Besar kemungkinan bergabung ke PPP. Dan, langkah-langkah ke depan akan kita tentukan. Saya ada beberapa tugas dari Plt Ketua Umum PPP, Pak Mardiono, yang diberikan kepada saya, dan harus saya wujudkan tapi harus melewati beberapa tahapan,” jelas Sandiaga Uno.