Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menghadiri serah terima pengoperasian KRI Bung Karno-369 di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/6/2023). (Foto: Istimewa/Dok PDIP)

JAKARTA, Eranasional.com – Persoalan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua yang tak kunjung selesai mendapat perhatian dari Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri. Dia menyatakan, seandainya masih memimpin maka akan menurunkan beberapa batalion untuk menumpasnya.

“Kalau saya masih jadi komandan, saya turunkan ke sana beberapa batalion ke Papua. Keren kan,” ucap Megawati saat menghadiri serah terima pengoperasian Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bung Karno-369 di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/6/2023).

Ketua Umum PDIP ini mengaku sedih begitu mengetahui persoalan di Papua tak kunjul selesai. Dia jadi bertanya dan heran, kenapa tidak kunjung selesai.

Megawati mengaku memahami betul permasalahan di Papua karena pernah menjabat presiden. Maka dari itu dia heran kenapa permasalahan di Papua belum selesai sampai sekarang.

“Saya pernah jadi presiden. Saya kan dulu juga punya panglima yang suka saya perintah. Jadi saya lihat ini kenapa ya, salahnya di mana ya?” imbuhnya.

Megawati menegaskan dirinya berani mengatakan hal tersebut di depan para prajurit Angkatan Laut karena permasalahan ini harus terjawab.

“Karena saya saat ini bukan apa-apa lagi, ya saya diam saja. Tapi karena ini di Angkatan Laut (AL), saya berani bicara. Kenapa? Ya itu, harus dijawab persoalan di Papua ini,” pungkasnya.