Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto: Istimewa/Dok PDIP)

JAKARTA, Eranasional.com – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengibaratkan berpolitik itu seperti sedang berdansa. Dia mengatakan itu menanggapi pertanyaan terkait arah koalisi PDI Perjuangan ke depan.

Awalnya, Megawati mengatakan PDIP sangat terbuka terhadap partai-partai lain. Namun, saat ini, partainya memilih untuk melihat dari kejauhan situasi politik yang berkembang.

“Kalau saya ditanya, apakah akan ada partai-partai datang ke PDIP, ya kami terbuka saja. Mana pernah sih kami menutup diri. Tapi sekarang ini kami melihat dari kejauhan,” kata Megawati di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (2/6/2023).

Dia pun mengibaratkan berpolitik layaknya seperti orang yang sedang berdansa. Menurut Megawati, seorang politikus harus bisa melihat cara berdansa yang enak dengan mengamati suasana politik.

“Saya bilang kepada anak buah saya, berpolitik itu sebenarnya asyik loh, seperti sedang berdansa. Tetapi kalau berdansa, kita juga harus tahu berdansa yang paling enak itu bagaimana sih. Jadi saya mengamati terlebih dahulu suasana politiknya bagaimana,” imbuhnya.

Dari pengamatannya, Presiden RI ke-5 ini melihat banyak partai politik yang membuat perkumpulan, seperti PAN, yang tergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) Bersama Partai Golkar dan PPP. Kata Megawati, perkumpulan seperti itu tidak bisa dipaksakan.

“Ternyata banyak partai politik berkumpul seperti PAN sudah membuat KIB. Bagi saya ya silakan saja,” ujar Megawati.

“Seumpamanya, saya bilang ke PAN, ‘ayok ke sini’. Biar sampai capek, kalau PAN enggak mau, ya enggak akan datang,” sambungnya.