Presiden Jokowi berpidato di acara Ecosperity Week di Singapura. (Foto: Istimewa/Biro Pers Setpres RI)

JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkeyakinan, siapa pun Presiden RI terpilih hasil Pilpres 2024, Indonesia akan menjadi negara besar. Keyakinan Jokowi itu diucapkan saat berpidato di acara Ecosperity Week di Singapura yang ditayangkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (7/6/2023).

Presiden Jokowi mengawali pidatonya di depan para pengusaha yang hadir dengan candaan.

“Saya senang bisa berada di sini dan di hari yang indah ini. Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk bertanya kepada Anda, siapa yang akan menang di Pemilihan Presiden tahun depan,” ucap Presiden Jokowi berpidato di acara Ecosperity Week di Singapura yang ditayangkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (7/6/2023).

Mendengar pertanyaan Jokowi itu, para tamu yang hadir tertawa. Kemudian, Jokowi menimpalinya dengan candaan kembali. “Ah, wrong speech (salah pidato),” lanjut Jokowi disambut tepuk tangan.

Namun, Jokowi berkeyakinan bahwa semua orang penasaran siapa yang akan memenangi Pilpres 2024 Indonesia.

“Saya meminta maaf atas pidato yang salah. Meskipun saya tahu Anda semua sebenarnya penasaran soal itu. Saya minta maaf,” ujarnya.

Pastinya, kata Jokowi, siapa pun yang akan menggantikan dirinya,  akan fokus menjadikan Indonesia menjadi negara raksasa di Asia. Dia pun meminta para pengusaha Singapura tidak khawatir untuk berinvestasi di Indonesia.

“Teman kami di Singapura tahu betul soal kami, bahwa siapa pun yang memimpin Indonesia akan fokus untuk mengubah negara besar ini menjadi negara yang memiliki kekuatan besar dan raksasa Asia. Jadi semuanya akan baik-baik saja,” tuturnya.

“Tidak perlu khawatir. Investasi Anda di Indonesia akan tetap aman dan juga keberlangsungan pembangunan Ibu Kota Nusantara, world-class smart city yang dikelilingi alam kota hijau dengan 65% hutan kota, carbon-neutral pertama di Indonesia, yang memiliki fasilitas pendidikan dan kesehatan kelas dunia. Nusantara akan menjadi kota yang nyaman untuk ditinggali dan berbisnis),” sambung Jokowi.

Di kesempatan itu, Presiden Jokowi memamerkan keunggulan Ibu Kota Nusantara (IKN), dan dia mengajak warga Singapura tinggal di IKN. “IKN akan menjadi kota yang nyaman untuk ditinggali dan berbisnis,” katanya.

“Mungkin, tinggal di Nusantara bisa menjadi opsi,” pungkas Jokowi.