Haris Azhar bersalaman dengan Luhut Binsar Pandjaitan di persidangan dugaan pencemaran nama baik yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (8/6/2023).

JAKARTA, Eranasional.com – Aktivis HAM Haris Azhar akhirnya meminta maaf kepada Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan terkait julukan ‘Lord’ kepada sang menteri.

Haris Azhar menyampaikan permohonan maafnya saat persidangan kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan Luhut dengan terlapor Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (8/6/2023).

Haris Azhar menegaskan dirinya tidak berniat menyerang pribadi Luhut Binsari Pandjaitan. Dia meminta maaf jika Luhut merasa terserang secara pribadi.

“Pak Luhut, saya tidak ada niat menyerang pribadi bapak. Bahwa bapak merasa terserang secara pribadi, saya minta maaf,” kata Haris Azhar.

Haris Azhar kemudian menceritakan alasan dirinya membuat konten YouTube yang di kemudian hari dipermasalahkan Luhut. Bahkan, kata Haris Azhar, dirinya mendapat teguran terkait kontennya itu.

“Sebelum Pak Luhut menegur saya, ada yang lebih dulu menegur saya dan saya temui orangnya untuk berdiskusi dua hari dua malam dengan orang tersebut,” ujarnya.

“Tapi kenapa poin tersebut, ini terkait dengan kepentingan publik. Bapak punya histori kita personal, tapi saya juga punya historisitas terhadap apa yang saya kerjakan, terutama soal Papua,” sambung Haris Azhar.