Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, Eranasional.com – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) direncanakan akan bertemu dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Partai Nasdem dan PKS memberi syarat kepada AHY jika ingin bertemu dengan Puan.

Menanggapi itu, Juru Bicara PKS Muhammad Kholid mengatakan setiap partai memiliki kedaulatan untuk mengambil langkah politiknya. Artinya, Partai Demokrat berhak bertemu dengan siapa saja.

“Tidak masalah Mas AHY bertemu dengan Mbak Puan. Setiap partai punya kedaulatan dalam menentuka langkahnya. Kami menghormati keputusan dan sikap Partai Demokrat,” kata Kholid, Minggu (11/6/2023).

Dia juga menyatakan tidak khawatir Partai Demokrat akan putar haluan bekerja sama dengan PDIP mengusung bakal capres Ganjar Pranowo.

“Kami tidak khawatir. Pertemuan antar elit partai adalah hal baik. Silaturahmi kebangsaan,” ujarnya.

Seperti diketahui, Partai Demokrat Bersama Partai Nasdem dan PKS saat ini tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) mengusung Anies Baswedan sebagai bakal capres pada Pilpres 2024.

Namun, Kholid mengingatkan kepada Demokrat mengenai kesepakatan yang pernah dibuat melalui Piagam Koalisi Perubahan. Dia menyebut, piagam tersebut juga ditandatangani oleh AHY.

“Mengenai koalisi, kami berpegangan pada kesepakatan tertulis yang tertuang dalam Piagam Koalisi yang ditandatangani oleh Mas AHY, Bang Surya Palohm da nPak Ahmad Syaikhu,” tegas Kholid.