Eranasional.com – Pemerintah buka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada awal tahun untuk posisi aparatur sipil negara (ASN) yang sifatnya bukan tenaga administrasi, melainkan tenaga teknis.

Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Sesmenpan-RB) Dwi Wahyu Atmaji mengatakan, pemerintah membuka lowongan sesuai dengan kebutuhan pembangunan. “Kemungkinan ada perekrutan 1 juta guru baru untuk kategori PPPK. Selain itu, pemerintah akan merekrut PNS di bidang infrastruktur, pertanian, pembangunan SDM,” katanya, dikutip CNN Indonesia, Senin (14/12/2020).

Ia menambahkan, perekrutan bukan hanya di tingkat pusat dan kementerian, pemerintah daerah juga akan membuka lowongan bagi PNS dan PPPK. “Kita rencanakan rekrutmen 2021. Kita ingin lebih awal sedikit ya agar prosesnya bisa selesai di akhir tahun, April-Mei,” ujar Wahyu.

Wahyu juga menyampaikan, saat ini pemerintah sedang memformulasikan jumlah yang akan dibuka. Untuk kepastiannya kemungkinan diketahui persis pada tahun depan. “Mungkin awal tahun depan ya,” pungkasnya. (Nur Cahyono)