Gedung Merah Putih KPK. (Foto: Net)

JAKARTA, Eranasional.com – Petugas keamaan (sekuriti) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diduga melakukan pelecehan secara verbal kepada sejumlah jurnalis perempuan yang sedang meliputi pemeriksaan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Senin (19/6/2023).

Peristiwa itu terjadi ketika Yasin Limpo keluar untuk meninggalkan Gedung ACLC atau Gedung KPK lama di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, sekitar pukul 13.00 WIB. Saat itu para awak media berupaya mewawancarai Syahrul Yasin Limpo.

Sambil berjalan menuju mobilnya, sang Menteri Pertanian melayani sejumlah pertanyaan dari wartawan. Sementara ajudan dan petugas KPK berusaha memberikan jalan kepada Yasin Limpo.

Kondisi desak-desakan merupakan hal yang biasa terjadi ketika awak media meliputi sosok atau orang yang dipanggil KPK. Dan, Yasin Limpo berhasil masuk ke dalam mobilnya.

Namun, seorang pria yang diketahui sebagai petugas keamanan di KPK melontarkan kalimat yang tidak pantas. “Oh cewek semua, enak e,” ujar pria tersebut.

Ucapan petugas keamanan tersebut didengar oleh sejumlah awak media di lokasi. Ucapan tersebut juga terekam video. Tak terima dengan perilaku petugas keamanan KPK itu, jurnalis perempuan dari kompas.com protes.

“Enggak boleh begitu dong bang,” ucap seorang jurnalis tersebut dengan nada tinggi.