Mantan penyidik senior KPK Novel Baswedan mengungkapkan ada mantan pegawai KPK yang memiliki transaksi mencurigakan sebesar Rp300 miliar. (Foto: Net)

JAKARTA, Eranasional.com – Mantan penyidik KPK Novel Baswedan kembali mengungkapkan kebobrokan lembaga antirasuah tersebut. Katanya, Ada mantan pegawa KPK yang memiliki transaksi mencurigakan sebesar Rp300 miliar. Menurut dia, hal itu tidak logis.

Novel mengungkapkan itu melalui podcast miliknya berjudul “Deretan Kasus Menjerat Pimpinan KPK”. Dalam podcast tersebut dia bersama mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW).

Novel mengatakan temuan transaksi mencurigakan itu merujuk data dari Pusat Analis Transaksi dan Keuangan (PPATK).

“Terkait dengan laporan PPATK itu terhadap seorang pegawai KPK di penindakan nilai transaksinya Rp300 miliar, dan saya menduga lebih jumlahnya. Ada katakana sampai Rp1 triliun.

Dia menilai transaksi sebesar itu tidak logis bagi seorang penyidik di KPK. Katanya, penyidik itu sempat diperiksa Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

“Tapi itu enggak diperiksa, padahal sudah diperiksa Dewas. Tapi kemudian mengundurkan diri dan lewat,” kata Novel Baswedan.