Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. (Tangkapan layar YouTube)

JAKARTA, Eranasional.com – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi capres favorit emak-emak. Hal itu terungkap dari hasil survei Lembaga Survei Jakarta (LSJ).

Survei digelar tanggal 20-29 Juni 2023 di 34 provinsi dengan melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak atau systemic random sampling. Survei dilakukan dengan cara wawancara melalui telepon dibantu kuesioner.

Margin of error survey ini sekitar 2,38 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

LSJ melakukan analis tabulasi silang antara variable pekerjaan responden dengan variable capres yang dipilih. Hasilnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang paling banyak dipilih oleh emak-emak sebagai capres 2024.

Lebih detailnya, berikut ini hasil pilihan emak-emak terkait capres yang dipilihnya:

Prabowo Subianto 36,7%

Ganjar Pranowo 32,5%

Anies Baswedan 21,4%

Tidak Tahu/Tidak Jawab 9,4%

Direktur Riset LSJ Vetra Ardianto mengatakan hasil analisis yang dilakukan pihaknya menunjukkan jika Pilpres dilakukan hari ini maka sebanyak 36,7 persen responden emak-emak akan memilih Prabowo Subianto daripada Ganjar Pranowo atau Anies Baswedan.

“Kemudian sebanyak 32,5 persen mengaku akan memilih Ganjar Pranowo, dab 21,4 persen memilih Anies Baswedan,” ujar Vetra memaparkan hasil survei, Senin (3/7/2023).

Sebenarnya, lanjut Vetra, sebenarnya ketiga bakal capres tersebut masing-masing sudah memiliki relawan yang mengklaim sebagai kelompok emak-emak. Hanya saja, Prabowo Subianto yang paling banyak dipilih.

“Emak-emak adalah kelompok pemilih yang dikenal fanatik dan loyal,” pungkasnya.