JALAN : Citra satelit via Google Strees View yang memperlihatkan kondisi lalu lintas Cibadak menuju Palabuhanratu di Kabupaten Sukabumi. FOTO: GOOGLE STREETS VIEW

SUKABUMI – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan konsultasi publik rencana pembangunan jalan tol Cibadak-Palabuhanratu kepada Pemerintah Kabupaten Sukhabumi. Jika semua berjalan lancar, wacana proyek yang diyakini bisa menghilangkan kemacetan di poros utara-selatan Kabupaten Sukabumi itu akan dimulai Desember tahun ini.

Hal tersebut dibenarkan oleh Yongki, sekretaris regulasi jalan tol, dan mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut dirancang untuk menjaring opini dari semua pihak yang terlibat dalam proyek pembangunan tol Cibadak-Palabuhanratu yang akan dimulai pada Desember mendatang.

“Tol yang direncanakan sepanjang 34,5 kilometer bisa mengkoneksikan wilayah selatan (dengan utara). Termasuk membuka akses ke Geopark Ciletuh,” kata Yongki dalam konsultasi publik, Jumat (18/12).

“Serta mendukung pengembangan potensi ekonomi di kawasan Sukabumi yang selama ini terhambat akibat keterbatasan aksesibilitas. Pembangunan tol tersebut dibagi menjadi empat sesi dan diproyeksikan selesai pada 2024 mendatang,” tutupnya.

Sementara itu, Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Zainul S mengatakan keberadaan jalan tol akan mendorong pembangunan Kabupaten Sukabumi. Termasuk mempercepat pembangunan daerah berbasis kawasan wisata. Tak hanya itu, keberadaan tol Cibadak-Palabuhanratu akan memicu masuknya investor ke Sukabumi yang akan berdampak besar bagi sektor perekonomian.

“Tentu akan menciptakan iklim usaha yang sehat akan menarik minat investor ke Sukabumi,” pungkasnya.

Di saat yang sama, Fajar (31), warga Cibadak, mengaku sangat antusias menyambut proyek berskala besar tersebut. Menurut pegawai swasta yang memiliki kerabat di kawasan Palabuhanratu, jalan tol ini akan memudahkan angkutan umum dari utara ke selatan, begitu pula sebaliknya.

“Wah alhamdulillah kebetulan saya punya keluarga di Palabuhanratu, jadi kalau mau ke sana kedepannya gampang saja (Palabuhanratu, redaksi). Ya semoga rencana pemerintah ini bisa terlaksana dengan lancar tanpa ada kendala sehingga ada kebutuhan Warga Badak dan Parabuhanratu bisa bepergian dengan mudah.” Ucapnya (red/radarsukabumi)