Gedung DPR/MPR RI. (Foto: Ist)

JAKARTA, Eranasional.com – Jagat maya dihebohkan dengan sejumlah tangkapan layar yang menunjukkan nama tag lokasi di Gedung DPR RI di Google Maps yang diedit menjadi ‘Peternakan Tikus’ hingga ‘Gedung Korupsi’. Siapa saja yang bisa mengedit nama lokasi tersebut?

Salah satu akun yang mengunggah tangkapan layar nama Gedung DPR di Google Maps adalah akun @recehtapisayng. Dalam cuitannya, tampak tiga tangkapan layar yang menunjukkan tas lokasi di Komplek Parlemen tersebut.

Tag lokasi tersebut memuat nama-nama seperti ‘Perkumpulan Tikus Berdasi’, ‘Sarangnya Tikus-tikus Kantor, hingga ‘Peternakan Tikus’.

Ketika dicek kembali, Selasa (4/7) pukul 10.00 WIB, sebagian besar tag lokasi tersebut sudah hilang dari Google Maps.

Google Maps Gedung DPR RI. (Foto: Tangkapan layar Google Maps)

Dikutip dari laman dukungan Google, semua orang yang memiliki akun Google dapat mengedit tag lokasi. Namun, informasi yang dimasukkan pengguna tersebut akan lebih dulu ditinjau oleh Google.

“JIka Anda sudah familiar dengan suatu tempat, Anda dapat memberikan umpan balik yang membantu Google Maps memutuskan apakah akan mengubah informasi tempat tersebut,” tulis Google di lamannya.

Cara Mengedit di Google Maps

Berikut cara untuk mengedit nama sebuah lokasi di Google Maps:

1. Buka Google Maps

2. Cari tempat atau pilih tempat tersebut di Google Maps

3. Pilih Suggest dan edit nama atau detail lainnya

4. Ikuti petunjuk pada layar untuk mengirimkan informasi tersebut.

Untuk membantu Google memverifikasi informasi tersebut, pengguna disarankan untuk menambahkan foto yang nantinya akan tersedia untuk umum dengan disertai nama pengguna.

Selain itu, pengguna juga dapat menjelaskan pilihan layanan, sorotan, aksesibilitas, penawaran makanan atau minuman khusus, pilihan bersantap, fasilitas, suasana keramaian, pertimbangan perencanaan, atau opsi pembayaran pada lokasi tersebut.