Anthony Sinisuka Ginting diangkat jadi PNS Kemenpora. (Foto: Instagram/Anthony Ginting)

JAKARTA, Eranasional.com – Sebanyak 27 atlet dilantik menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Pelantikan dilakukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.

Dari 27 atlet tersebut, 13 berasal dari cabang bulutangkis di antaranya Liliyana Natsir, Tontowi Ahmad dan Greysia Poli.

Selain itu, ada juga nama pebulutangkis Anthony Ginting, Apriyani Rahayu, dan Jonathan Christie.

Sementara dari cabang tenis, dua atlet yang berprestasi di SEA Games 2023, Christopher Rungkat dan Aldila Sutjiadi, juga dilantik menjadi PNS.

Atlet-atlet lainnya yang dilantik menjadi PNS yakni Edgar Xavier Marvelo, Felda Elvira Santoso, Rifda Irfanaluthfi semua dari cabang olahraga wushu, dan atlet angkat besi Sri Wahyu Agustiani.

Seperti PNS pada umumnya, atlet-atlet tersebut akan mendapatkan fasilitas gaji pokok dan berbagai tunjangan yakni tunjangan keluarga, tunjangan anak, tunjangan kemahalan, tunjangan perwakilan, tunjangan jabatan, dan tunjangan kinerja. 

Besaran gaji pokok diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019. Sedangkan besaran tunjangan yang diterima PNS diatur dalam Perpres Nomor 14 Tahun 2019.

Sebagai informasi, pangkat dan golongan yang didapat para atlet yang dilantik menjadi PNS akan disesuaikan, salah satunya dengan tingkat pendidikannya.

Berdasarkan itu, antara satu altet dengan atlet lainnya kemungkinan akan mendapatkan pangkat dan golongan yang berbeda, tentunya gaji serta tunjangannya pun berbeda.