Paiman Raharjo dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Wakil Menteri Desa PDTT. (Foto: Tangkapan layar website UPDM (B)

JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Paiman Raharjo sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/7/2023).

Paiman menggantikan Budi Arie Setiadi yang di hari yang sama dilantik Jokowi menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menggantikan Johnny G Plate yang terjerat kasus korupsi proyek BTS 4G BAKTI Kemenkominfo.

Pelantikan Paiman Raharjo sebagai Wamendes PDTT tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 32 M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Tahun 2019-2024.

Profil Paiman Raharjo

Paiman Raharjo saat ini menjabat sebagai Rektor Universitas Prof DR Moestopo (Beragama) Jakarta. Sebelumnya dia menjabat sebagao Komisioner PT Food Station Tjipinang Jaya pada 2013 dan Komisaris Independsn PT Perusahaan Gas Negara (PGN) pada 2015.

Jauh sebelum itu, pria kelahiran Klaten, Jawa Tengah ini merantau ke Jakarta setelah lulus SMP. Di Ibu Kota dia bekerja sebagai tukang sapu di Yayasan Gembala Baik.

Sambil bekerja, Paiman melanjutkan pendidikan di STM Budhaya Jakarta dan lulus pada 1989.

Selain bekerja sebagai tukang sapu, di yayasan itu Paiman double job menjadi tukang kebun hingga satpam.

Setelah lulus STM, Paiman melanjutkan pendidikan S1 Ilmu Administrasi dan S2 Magister Administrasi di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta.

Saat kuliah itu, Paiman juga mulai membuka usaha fotokopi dan usaha tour and travel.

Lulus kuliah, Paiman dipercaya menjadi dosen di almamaternya itu. Tak puas dengan gelar magister, Paiman melanjutkan kuliah S3 Ilmu Administrasi di Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung.