Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (Foto: Ist)

JAKARTA, Eranasional.com – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengungkapkan hasil pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (17/7) kemarin. Jokowi menanyakan siapa cawapres Anies Baswedan.

“Pak Jokowi tanya ke saya, siapa wakil presidennya Anies Baswedan. Saya jawab, saya belum mikirin itu. Setahu saya itu urusan Pak Anies,” kata Surya Paloh sambal tertawa saat ditemui di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa (18/7/2023).

Dia menyatakan, sosok cawapres sudah ada di kantongnya Anies. Dan, dia menyebutkan ada peluang Anies akan bertemu dengan Jokowi.

“Saya bilang saya belum memahami (soal cawapres). Barangkali Pak Anies yang paling tahu soal itu. Kira-kira seperti itu,” ujarnya.

“Saya enggak menawarkan, tapi probability ke arah itu bisa saja, Pak Jokowi bertemu dengang Pak Anies. Ini kan bagus. Kemungkinan ke arah itu saja, kemungkinan arah itu bisa saja,” ucap Paloh.

Dia kemudian menyatakan bahwa suasana politik seharusnya tidak dibuat menjadi tegas. Menurut Paloh, partai politik harus mengutamakan kepentingan bangsa disbanding memikirkan siapa kawan atau lawan.

“Seperti yang saya katakan dari awal, kalau suasana itu dibawa dengan tidak tegang, tidak memposisikan ini lawan, ini kawan, siapa yang mendapatkan manfaat? Bangsa ini, kita semuanya. Kita rindu pada pikiran-pikiran seperti itu,” pungkasnya.