Ketua Umum PSSI Erick Thohir. (Foto: Ist)

JAKARTA, Eranasional.com – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengirim 30 pesepakbola muda ke Jerman pada September tahun ini. Program ini dalam rangka mempersiapkan timnas Indonesia sebelum tampil di Piala Dunia U-17 2023.

“Kami kemarin sudah rapat dengan tim dari Jerman yang memang khusus datang ke Indonesia untuk memulai mempersiapkan visa, tempat tinggal, tempat latihan untuk sekitar 30 pemain dan 12 sampai 15 ofisial di sana,” kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat meninjau seleksi timnas U-17 di kawasan Bojongsari, Sabtu (22/7/2023).

Erick menyebut, tahap seleksi timnas U-17 saat ini memasuki wilayah Jabodetabek, sebelumnya dilakukan di Bandung, Palembang dan Bali.

Di negera Kanselir tersebut, para pemain akan menjalani berbagai kegiatan, salah satunya adalah melakukan pertandingan persahatan dan mengikuti turnamen mini.

“Kami siapkan pertandingan secara serius melawan beberapa tim di Jerman, dan kita harapkan dapat melakoni laga melawan timnas Jerman U-17, atau kita membuat turnamen kecil di Jerman,” tuturnya.

Lanjutnya, sebelum berangkat ke Jerman, pesepak bola muda Indonesia akan bertanding melawan timnas Korea Selatan U-17.

“Juga akan menghadapi tim muda Barcelona yang akan datang ke Indonesia,” ungkap Erick Thohir.

Menteri BUMN ini juga mengapresiasi proses seleksi timnas Indonesia U-17 yang sudah berjalan di enam kota dan tiga wilayah yang telah menghasilkan 17 pemain dinyatakan lolos sebagai skuad Garuda Muda.

“17 pemain itu dinyatakan lolos sebagai pemain timnas Indonesia U-17. Kalau Jabodetabek bisa menambah delapan sampai sembilan pemain, ini luar biasa,” imbuhnya.

“Kami mendorong seleksi yang ada di Kalimantan, Solo, dan Manado. Harapannya, benar-benar menyebar. Kami ingin akar rumput itu timbuh dari akar bawah, sehingga kita bisa mendapatkan pemain yang bagus,” pungkas Erick Thohir.