Panglima TNI Laksamana Yudo Margono meluncurkan buku ‘Perang Rusia Vs Ukraina’ di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Selasa (25/7/2023). (Foto: Ist)

Buku ini juga membahas bagaimana perang Rusia dan Ukraina bisa mencuat sampai dengan terjadi perang perebutan wilayah berikut dampak terjadinya perang tersebut pada lingkungan regional dan global, serta kemungkinan ke depannya apa yang akan terjadi antara Rusia dan Ukraina.

Buku ini juga dapat digunakan sebagai bahan masukan oleh pimpinan dalam menentukan arah kebijakan politik dan pertahanan, serta keamanan nasional.

“Buku ini juga dipersembahkan sebagai tambahan pengetahuan dan wawasan terkait perang Rusia dan Ukraina bagi peminat literasi militer Indonesia,” tuturnya.

Buku ini secara terstruktur menampilkan langkah analisa intelijen, melalui tahapan pengumpulan, penganalisaan dan pengevaluasian informasi dari berbagai sumber.

Secara metodologi buku ditampilkan dengan pengantar (sejarah konflik, narasi profil dan kekuatan kedua negara dan organisasi aliansi) isi (fase konflik, front terkait, dampak, teknologi dan profil pimpinan) dan penutup (ramalan dan skenario berikutnya).