Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Instagram)

JAKARTA, Eranasional.com – Tersangka kasus kepemilikan senjata api (senpi) ilegal Dito Mahendra tengah diburu polisi. Apakah Polri akan menggandeng Interpol mencari Dito di luar negeri?

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya tidak hanya mencari tempat persembunyian Dito di dalam negeri saja, tapi juga mencari di luar negeri dengan skema police to police.

“Saya kira saat ini sedang ada tahapan proses pencarian keberadaan yang bersangkutan. Keberadaannya sedang kita dalami,” kata Kapolri Sigit,” kata Jenderal Sigit, Senin (24/7/2023).

Untuk pencarian di luar negeri, Polri, kata Sigit, mengutamakan menggunakan skema police to police. “Untuk pencarian di luar negeri tentu ada proses dan tahapan yang harus kita lalui, mekanisme police to police kita prioritaskan dan mekanisme-mekanisme yang lainnya seperti bekerja sama dengan interpol,” jelasnya.

Sementara itu, Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan dari hasil verifikasi dokumen terhadap senpi yang diserahkan KPK kepada Badan Intelejen Kepolisian (BIK), dipastikan 9 senpi Dito Mahendra tidak memiliki dokumen atau ilegal.

“Sembilan senpi itu telah diserahkan ke penyidik untuk ditindaklanjuti secara hukum. Sementara yang memiliki dokumen disimpan sebagai barang bukti,” jelas Ramadhan.

Selain itu, penyidik juga telah memeriksa 27 saksi, salah satunya kekasih Dito Mahendra, Nindy Ayunda.