Mantan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj. (Foto: Ist)

JAKARTA, Eranasional.com – Mantan Ketua Umum PBNU Said Aqil siradj menegaskan PKB merupakan bagian dari NU, begitu juga sebaliknya. Karena itu dia meminta PKB harus menang di Pemilu 2024.

“PKB adalah NU, NU adalah PKB. Jadi, PKB harus menang. Kalau sudah menang, PKB harus memikirkan warga nahdliyin,” ucap Said Aqil di acara Haul Gus Dur ke-14 di kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Dia kemudian menceritakan sejarah berdirinya PKB. Kata Said Aqil, saat itu PBNU membentuk Tim 5 untuk membentuk PKB. Dirinya bersama Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin serta tokoh NU lainnya ada di dalamnya.

“Selain saya dan Kiai Ma’ruf Amin, ada juga di dalam Tim 5 yaitu Pak Rozy Munir, Pak Bagdja, dan Kiai Dawam. Gus Dur (Ketua Umum PBNU saat itu) mengeluarkan SK (Surat Keputusan) membentuk Tim 5 sebagai pendiri PKB. Artinya, PKB adalah NU, NU adalah PKB,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengatakan penegasan Said Aqil Siradj bahwa NU adalah PKB sebagai bentuk penguatan bagi kader agar tetap solid dan merapatkan barisan jelang Pemilu 2024. Selain itu, juga sebagai penegasan komitmen juang PKB yang ke-NU-an.

“Apa yang disampaikan Kiai Said Aqil, sebelumnya juga disampaikan Kiai Nurul Huda Jazuli, kiai paling sepuh di Republik ini  98 tahun, yang menyebutkan NU itu PKB, PKB adalah NU, sebagai penguatan bagi seluruh kader untuk tetap solid, rapatkan barisan, pemilu sudah semakin dekat. Jangan lengah, jangan bermalas-malasan, mari merangkak ke rakyat untuk merebut cinta dan pilihan rakyat,” kata Cak Imin.