Rizal Ramli berorasi di depan buruh yang melakukan aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023).

JAKARTA, Eranasional.com – Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli menuding Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berhasil memiskinkan rakyat Indonesia. Dia mengatakan itu saat berorasi di aksi demo buruh menolak UU Cipta Kerja di kawasan Patung Kuda, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (10/8) kemarin.

Dalam orasinya Rizal Ramli menyebut Jokowi dan pejabat pemerintah yang justru semakin kaya raya.

“Jokowi mengajak kita miskin berjamaah, sedangkan dia bersama pejabatnya enggak miskin, malah bertambah kaya,” ucap Rizal Ramli.

Tak hanya itu, Rizal juga menyebut semua janji Jokowi abal-abal dan tidak membuat masyarakat cerdas, tapi kebalikannya, meningkatkan kekayaan oligarki.

“Jokowi berbohong kepada rakyat berkali-kali, dengan janjinya yang abal-abal tidak mencerdaskan, memperbodoh rakyat dengan cara menggunakan buzzer bayaran,” ujarnya.

Untuk diketahui, aksi demonstrasi buruh ini merupakan bagian dari aksi long march buruh dan tenaga kesehatan dari Bandung, Jawa Barat menuju Istana Kepresidenan, Jakarta, dengan tuntutan pemerintah harus mencabut UU Cipta Kerja.