Jakarta International Stadium (JIS). (Foto: Ist/Instagram)

JAKARTA, Eranasional.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membocorkan alasan Piala Dunia U-17 2023 tidak digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta Pusat, melainkan di Jakarta International Stadium (JIS).

Salah satu alasannya karena SUGBK Senayan menjadi lokasi konser grup band Coldplay pada tanggal 15 November 2023.

“Mungkin salah satu pertimbangannya itu, konser Coldplay digelar di SUGBK Senayan,” kata Sandiaga Uno di Bekasi, Kamis (10/8) kemarin.

Menurut Sandiaga, pihaknya akan terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam penyelenggaraan event besar tersebut.

“Saya berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Pak Erick, dan saya diberi informasi bahwa yang terpilih adalah JIS,” ucapnya.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan pembukaan Piala Dunia U-17 2023 digelar di JIS. “Pembukaan di JIS, penutupan di Solo. Akan tetapi, ini pembukaan jangan terkonotasi seperti Piala Dunia di dunia ya. Jadi tidak sebesar itu,” kata Erick Thohir, Rabu (9/8).

Selain JIS, tiga stadion lainnya yang disetujui FIFA yaitu Stadion Manahan (Solo), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

JIS dan Stadion Jalak Harupat dua grup. Sedangkan Stadion Manahan Solo akan menjadi tuan rumah mulai babak 16 besar sampai final.