Presiden Jokowi mengenakan baju adat Ageman Songkok Singkepan Aheng dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat pada acara upacara HUT RI ke-78 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023). (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin peringatan HUT RI ke-78 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Kata dia, ini merupakan upacara memperingati HUT RI terakhir yang dilaksanakan di Jakarta. Tahun 2024 akan diadakan di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

“Insya Allah tahun depan sudah di IKN Nusantara. Kita lihat nanti,” kata Presiden Jokowi di istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Dia menjelaskan, dalam perayaan HUT RI kali ini dirinya hendak memperlihatkan keberagaman Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari para tamu undangan yang mengenakan berbagai macam baju adat khas daerah di seluruh Indonesia.

“Seperti yang kita lihat di Istana, keberagaman dipadukan dengan keberanekaragaman baju adat yang kita pakai,” jelasnya.

Jokowi menekankan, kekuatan yang dimiliki Indonesia adalah keberagaman. Apabila dipersatukan keberagaman ini akan menjadi kekuatanm besar bagi bangsa Indonesia.

“Keberagaman ini merupakan kekuatan negara kita. Kekuatan Indonesia ya keberagaman. Jadi, kalau kita Bersatu, solid, kompak, itulah kekuatan besar Indonesia,” tutur Jokowi.

Pada momentum HUT RI ke-78 ini, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Ageman Songkok Singkepan Aheng dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.