Momen Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berjalan di pinggir merah Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/8/2023). (Foto: Tangkapan layar)

JAKARTA, Eranasional.com – Viral di TikTok memperlihatkan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto enggan berjalan di karpet merah Istana Merdeka, Jakarta. Bahkan dia memerintahkan putranya, Didit Hediprasetyo, untuk juga tidak berjalan di atas karpet merah tersebut.

Momen itu terjadi saat Prabowo tiba di Istana Merdeka, Jakarta, untuk mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78. Prabowo saat itu didampingi putranya, Didit Hediprasetyo.

Sebagai informasi, untuk masuk ke Istana Merdeka, memang harus melewati tangga menuju pelataran. Di tangga tersebut terhampar karpet berwarna merah pada bagian tengahnya.

Dalam video tersebut, Prabowo berjalan di pinggir tangga. Dia menghindari karpet merah.

Dalam tayangan video itu, Prabowo juga mengingatkan kepada putranya untuk tidak menginjak karpet merah tersebut.

Menjelaskan hal itu, Wakil Ketua Umum Patrai Gerindra Habiburokhman mengatakan bahwa Prabowo memahami betul soal etika dan adab. Dia pun memuji Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

“Beliau paham sekali etika dan adab. Memang keren Pak Prabowo,” ucapnya.

Habiburokhman menjelaskan, karpet merah di Istana Merdeka merupakan tradisi sebagai penanda rute kepala negara di acara seremonial. Menurutnya, tidak patut jika bukan Presiden Jokowi ada orang lain yang menginjak terlebih dahulu.

“Merupakan tradisi yang digunakan untuk menandai rute jalan kepala negara pada acara-acara seremonial. Jadi, kalau bukan atau kepala negara belum lewat, ya kita enggak boleh menginjaknya,” ujar Habiburokhman.

Kata dia lagi, gaya kepemimpinan Prabowo tidak hanya dilihat dari kinerja dan gagasannya. Tapi juga praktik etika yang diterapkan dalam keseharian.

“Kepemimpinan Pak Prabowo terlihat tidak hanya dari kinerja dan gagasan-gagasan besar, tetapi juga dari praktik-praktik sederhana seperti etika melewati karpet merah tersebut,” pungkasnya.