Politisi PDIP Budiman Sudjatmiko mendeklarasikan Relawan Prabowo-Subianto Bersatu (Prabu) di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (18/8/2023). (Foto: Ist/Antara)

JAKARTA, Eranasional.com – Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko membelot dari keputusan partainya. Dia mendeklarasikan diri mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal capres pada Pilpres 2024.

Dukungan Budiman Sudjatmiko ini disampaikan saat mendeklarasikan relawan Prabowo-Budiman Bersatu (Prabu) di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (18/8/2023).

Dalam deklarasi relawan Prabu, Budiman dan Prabowo berada dalam satu panggung. Hadir pula Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hasim Dojohadikusumo.

“Kita lupa jika ada masa depan. Oleh karena itu, kita harus melihat ke masa depan. Sesekali saja kita bisa melihat ke belakang,” kata Budiman.

Dia pun menyebut dirinya sebagai pribadi yang terbiasa mengambil risiko dalam melangkah. Kepada Prabowo, dia berpesan agar memajukan kesejahteraan umum, koperasi, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), hingga menata jaminan sosial apabila nanti mendapatkan amanat menjadi Presiden RI di tahun 2024.

Sementara itu, Prabowo Subianto mengaku terharu mendapat dukungan dari Budiman Sudjatmiko.

“Hari ini saya terharu dan besar hati. Saya merasa diperkuat, saya merasa dapat energi baru, menjadi tambah semangan karena didukung oleh saudara Budiman Ssudjatmiko,” ucap Menteri Pertahanan (Menhan) RI ini.

Sebelumnya, Budiman Sudjatmiko menyambangi kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta, beberapa waktu.

Usai pertemuan itu, Budiman dipanggil oleh PDIP. Namun, dia tidak dijatuhi sanksi oleh PDIP.

Seperti diketahui, PDIP telah mengusung Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. PDIP berkoalisi dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Perindo, dan Partai Hanura.

Sedangkan, Prabowo Subianto diusung oleh Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Bulan Bintang (PBB).